Friday, January 24, 2014

2 Days Training: Procurement Management


Procurement/purchasing management adalah suatu proses penyediaan kebutuhan; materials, tools, product, & services pada suatu korporasi/institusi, yang di dukung oleh sistem & prosedur yang terintegrasi, di mana seluruh tahapan proses procurement/purchasing, mulai dari; ;planning, budgeting, sourcing, bidding, contract drafting, purchase order, monitoring order, handover process, hingga evaluasi kinerja supplier/vendor, dilakukan secara sistematis, akuntabel, &   transparan.

Dalam prakteknya seringkali timbul permasalahan, mulai dari perencanaan yang tidak terintegrasi, perubahan harga & ketersediaan pasokan, seleksi supplier/vendor yang mengundang potensi fraud, miskomunikasi, hingga supplier/vendor yang wan prestasi terhadap order & kontrak.

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN
Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan memiliki kemampuan untuk:
1.   Memahami regulasi, administrasi, & prosedur procurement
2.  Memahami keterkaitan planning & realisasi order, serta kendala internal dalam proses procurement
3.   Memahami implementasi sistem e-Procurement
4.  Memahami metode sourcing, seleksi vendor, analisa  penawaran, & proses penyusunan kontrak
5.   Memahami proses evaluasi kinerja supplier/vendor.

METODE PELATIHAN
Class presentation, discussion, case study, & video presentation, dengan konsep:
-     20% teori berdasarkan literatur praktisi
-     40% analisa best practices & benchmarking antara; institusi, korporasi, & industry
-     40% studi kasus nyata & diskusi brainstorming antara trainer dengan peserta

TARGET PESERTA
Para praktisi & profesional di bidang:
1.   Supply Chain/Logistics, Procurement/Purchasing, PPIC, Komite Pembelian, & Unit Layanan Pengadaan.
2.   Finance, General Affairs, & Corporate Legal.
3.   Project Manager, Compliance Unit, & Internal Auditor
4.   Supervisor/Manager terkait operasional Procurement.
5.   Yang ingin meningkatkan kompetensi di bidang ini.

OUTLINE PELATIHAN
Hari Pertama  
1.      Procurement: Strategy, Policies , & Procedures
2.      Strategic Sourcing
3.      Procurement Plan
4.      Order Management
5.      Discussion sharing & case study

Hari Kedua
6.   e-Procurement System
7.      Vendor Selection Methods
8.      Bidding Evaluation Methods
9.      Key Performance Indicators & Vendor Evaluation
10. Case study & closing review

PEMBICARA
Deni Danasenjaya, SE, MM, CNPE

INVESTASI PELATIHAN
Materi & durasi pelatihan selama 2 (dua) hari dapat disesuaikan (tailor made) dengan kebutuhan korporasi/institusi, dengan biaya investasi sbb:
-  IDR
40.000.000,-  untuk reguler class in-house training, maksimum 25 peserta
-  IDR
20.000.000,-  untuk mini class in-house training, maksimum 10 peserta

Biaya sudah termasuk: 
-  Handout materi pelatihan
-  Course assessment, pre-test, post-test, case study, 
objective goals setting
-  Honor Course Assistant
-  Dokumentasi pelatihan

Disediakan oleh pihak korporasi/institusi yang mengundang:
-  Tempat & prasarana pelatihan, coffee break, lunch, transportasi, & akomodasi untuk peserta
-  Transportasi & akomodasi untuk Trainer & Course Assistant
-  Sertifikat pelatihan
-  PPh atas jasa pelatihan

JADWAL & TEMPAT PELAKSANAAN PELATIHAN
Disesuaikan dengan kesepakatan kedua belah pihak

INFORMASI & REGISTRASI
e-mail:  denids1@yahoo.com

No comments: